SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 2
Tahun Ajaran : 2010 / 2011
Standar Kompetensi | Kompetensi Dasar | Materi Pembelajaran | Kegiatan Pembelajaran | Indikator | Penilaian | Alokasi Waktu | Sumber/ Bahan/ Alat |
Mendengarkan 6. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 7.1. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat. | o Berterima kasih mis. A: Thank you very much B: Don’t mention it! o Memuji mis. A: You look slimmer. B: You’re kidding me. o Mengucapkan selamat mis. A: Congratulations! You did it again. B: Thank you. I don’t know what to do without you. | · Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional melalui film secara individu. · Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan. · Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar. | · Mengidentifikasi kata yang didengar. · Mengidentifikasi makna kata. · Mengidentifikasi hubungan antar pembicara. · Mengidentifikasi makna tindak tutur berterima kasih. · Merespon tindak tutur berterima kasih. · Mengidentifikasi makna tindak tutur memuji. · Merespon tindak tutur memuji. · Mengidentifikasi makna tindak tutur mengucapkan selamat. · Merespon tindak tutur mengucapkan selamat. · Mengidentifikasi konteks situasi. | Kuis Tugas Ulangan tertulis | 3 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Berbicara9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 9.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berterima kasih, memuji, dan mengucapkan selamat | o Berterima kasih mis. A: Thank you very much B: Don’t mention it! o Memuji mis. A: You look slimmer. B: You’re kidding me. o Mengucapkan selamat mis. A: Congratulations! You did it again. B: Thank you. I don’t know what to do without you. | · Secara berpasangan belatih menggunakan tindak tutur dan responnya. | · Menggunakan tindak tutur berterima kasih. · Merespon tindak tutur berterima kasih. · Menggunakan tindak tutur memuji. · Merespon tindak tutur memuji. · Menggunakan tindak tutur mengucapkan selamat. · Merespon tindak tutur mengucapkan selamat. | Tugas Unjuk kerja | 3 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Mendengarkan 7. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari | 7.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan. | o Menggunakan ungkapan terkejut mis. A: How can you say that? B: Well, that’s the fact. o Menggunakan ungkapan rasa tak percaya mis. A: I can’t believe it! B: That’s true. o Menyetujui undangan, tawaran, ajakan mis. A: Thank you for the invitation. B: I look forward to seeing you. | · Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dan responnya dalam percakapan yang didengar secara berkelompok | · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa terkejut. · Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyatakan rasa tak percaya · Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya. · Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui undangan, tawaran, ajakan. · Merespon tindak tutur menyetujui undangan, tawaran, ajakan. | Kuis Tugas Ulangan tertulis | 3 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Berbicara9. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 9.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: menyatakan rasa terkejut, menyatakan rasa tak percaya, serta menerima undangan, tawaran, dan ajakan. | o Menggunakan ungkapan terkejut mis. A: How can you say that? B: Well, that’s the fact. o Menggunakan ungkapan rasa tak percaya mis. A: I can’t believe it! B: That’s true. o Menyetujui undangan, tawaran, ajakan mis. A: Thank you for the invitation. B: I look forward to seeing you. | · Bermain peran secara berkelompok | · Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa terkejut. · Merespon tindak tutur menyatakan rasa terkejut. · Menggunakan tindak tutur menyatakan rasa tak percaya. · Merespon tindak tutur menyatakan rasa tak percaya. · Menggunakan tindak tutur menerima undangan. · Menggunakan tindak tutur tawaran. · Menggunakan tindak tutur ajakan. | Tugas Unjuk kerja | 3 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Mendengarkan 7. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 8.1. Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. | Pengumuman, Iklan, Undangan. | · Mengidentifikasi beberapa iklan lisan di tempat umum secara berkelompok. · Mendengarkan iklan melalui tape secara klasikal. · Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara kelompok. | · Mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan. · Mengidentifikasi informasi tertentu dari undangan lisan. · Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar. | Kuis Tugas Ulangan tertulis | 2 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Berbicara10. Mengungkap-kan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, descriptive dan news items sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 10.1. Mengungkapkan makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari. | Pengumuman, Iklan, Undangan | · Menyampaikan iklan lisan secara berpasangan di depan kelas. · Menceritakan kembali iklan yang dilihat atau didengarnya. | · Memberi pengumuman lisan. · Menyampaikan undangan lisan. · Melakukan monolog untuk mengiklankan sesuatu. · Menggunakan bahasa lisan. | Tugas Unjuk kerja | 2 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Mendengarkan 8. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 8.2. Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: narrative, descriptive, dan news item | · Teks lisan berbentuk narrative. · Teks lisan berbentuk descriptive. · Teks lisan berbentuk news items. | · Mendengarkan naratif / deskripsi / berita untuk menemukan berbagai informasi secara klasikal melalui kaset. · Mendiskusikan pembedaan penggunaan bahasa secara lisan dan tertulis secara berkelompok. | · Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar. · Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar. · Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar. · Mengidentifikasi ciri-ciri dari benda / binatang / orang yang digambarkan. · Mengidentifikasi inti berita yang didengar. · Mengidentifikasi sumber berita yang didengar. | Kuis Tugas Ulangan tertulis | 6 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Berbicara10. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk narrative, descriptive, dan news item sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 10.2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item | · Teks lisan berbentuk narrative. · Teks lisan berbentuk descriptive. · Teks lisan berbentuk news items. | · Berdiskusi secara berkelompok untuk membuat sebuah narasi / deskripsi / berita secara sambung-menyambung. · Mendongeng secara berkelompok. · Mendeskripsikan sesuatu secara menyenangkan berbentuk kuis. · Menyampaikan berita sebagai reporter langsung dari tempat kejadian. | · Menjadi story-teller. · Bercerita secara lisan. · Menggunakan kalimat simple present tense dalam mendeskripsikan benda atau orang. · Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah deskripsi. · Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah berita. · Menjadi reporter. | Tugas Unjuk kerja | 6 x 45 menit | Kaset Look Ahead 1 CD Multi-media Internet |
Membaca 11. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan. | 11.1. Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dlm konteks kehidupan sehari-hari & untuk mengakses ilmu pengetahuan. | Pengumuman, Iklan, Undangan, dst. | · Mengidentifikasi beberapa pengumuman tertulis di tempat umum secara berkelompok. · Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok. | · Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar. · Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca. · Mengidentifikasi informasi tertentu. | Kuis Tugas Ulangan tertulis | 2 x 45 menit | Buku Look Ahead 1 Handout Kamus |
Menulis 12. Mengungkap-kan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari. | 12.1. Mengungkap-kan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari. | Pengumuman, Iklan, Undangan dll. | Membuat pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya di kelas/sekolah. | · Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat. · Menulis gagasan utama. · Mengelaborasi gagasan utama. · Membuat draft, merevisi, menyunting. · Menghasilkan teks fungsional pendek. | Tugas tertulis Unjuk kerja | 2 x 45 menit | Buku Look Ahead 1 Handout Kamus |
Membaca 11. Memahami makna teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan. | 11.2. Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item. | · Teks tulis berbentuk narrative. · Teks tulis berbentuk descriptive. · Teks tulis berbentuk news item. · Past Forms. · Action Verbs, Saying Verbs, Mental Verbs. · Adjectives · Adverbs. · Participles. · Passive Voice. · Reported Speech. | · Membaca nyaring bermakna teks narasi / deskripsi / berita secara individu. · Mendiskusikan berbagai aspek dari teks, seperti: struktur teks dan isi, secara berkelompok. · Memahami penggunaan kalimat simple present untuk menyatakan fakta dan kalimat pasif untuk menyatakan inti berita. | · Mengidentifikasi makna kata dari teks yang dibaca. · Mengidentifikasi makna kalimat dari teks yang dibaca. · Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks. · Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang dibaca. · Mengidentifikasi tokoh, tempat, dan waktu terjadinya cerita. · Mengidentifikasi komplikasi / permasalahan yang dihadapi para tokoh dalam sebuah cerita narasi. · Mengidentfikasi resolusi / penyelesaian masalah yang dihadapi para tokoh dalam cerita. · Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca. · Mengidentifkasi ciri-ciri dari benda / orang yang dideskripsikan. · Mengidentifikasi inti berita yang dibaca. · Mengidentifikasi sumber berita yang dibaca. | Kuis Tugas Ulangan tertulis | 12 x 45 menit | Buku Look Ahead 1 Kamus Grammar in Use |
Menulis12. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk narrative, descriptive, dan news item dalam konteks kehidupan sehari-hari | 12.2. Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: narrative, descriptive, dan news item. | · Teks tulis berbentuk narrative. · Teks tulis berbentuk descriptive. · Teks tulis berbentuk news item. · Past Forms. · Action Verbs, Saying Verbs, Mental Verbs. · Adjectives · Adverbs. · Participles. · Passive Voice. Reported Speech. | · Membuat draft teks narrative, descriptive atau news item dengan melakukan chain writing. · Melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft. · Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman. | · Menggunakan adverbial clause dalam menulis sebuah narasi · Menggunakan kalimat simple present dalam membuat sebuah deskripsi. · Menggunakan kalimat reported speech dalam menyampaikan sebuah berita. · Menghasilkan teks berbentuk narrative. · Menghasilkan teks berbentuk descriptive. · Menghasilkan teks berbentuk news item. | Unjuk kerja | 12 x 45 menit | Buku Look Ahead 1 Kamus Grammar in Use |
Rencana Pelaksanaan Pembelajara
Tidak ada komentar:
Posting Komentar