SILABUS KURIKULUM TINGKAT SATUAN PENDIDIKAN (KTSP)
Nama Sekolah : SMA Negeri 1 Brebes
Mata Pelajaran : Bahasa Inggris
Kelas / Semester : X / 1
Tahun Ajaran : 2012 / 2013
Standar Kompetensi
|
Kompetensi Dasar
|
Materi Pembelajaran
|
Kegiatan Pembelajaran
|
Indikator
|
Penilaian
|
Alokasi Waktu
|
Sumber/ Bahan/ Alat
|
Mendengarkan
1 Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.1. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/ berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.
|
o berkenalan, bertemu/ berpisah
mis. A: Pleased to meet you!
B: Pleased to meet you too!
o menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
mis. A: Come to my party.
B: Thanks for the invitation
o menerima janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.
o membatalkan janji
mis. A: I’m sorry I can’t make it.
B: That’s OK. We’ll do it some other time.
|
· Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional melalui tape secara klasikal.
· Mendiskusikan berbagai tindak tutur lain yang dapat digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
· Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindvak tutur yang didengar secara berkelompok.
|
· Mengidentifikasi makna tindak tutur berkenalan.
· Merespon tindak tutur berkenalan.
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ ajakan.
· Merespon tindak tutur menyetujui tawaran/undangan/ ajakan.
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menerima janji.
· Merespon tindak tutur menerima janji.
· Mengidentifikasi makna tindak tutur membatalkan janji.
· Merespon tindak tutur membatalkan janji.
|
Kuis
Tugas
Ulangan tertulis
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
3.1. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: berkenalan, bertemu/berpisah, menyetujui ajakan/tawaran/ undangan, menerima janji, dan membatalkan janji.
|
o berkenalan, bertemu/ berpisah
mis. A: Pleased to meet you!
B: Pleased to meet you too!
o menyetujui ajakan/tawaran/ undangan
mis. A: Come to my party.
B: Thanks for the invitation
o menerima janji
mis. A: I’ll get you the book.
B: It’s very kind of you.
o membatalkan janji
mis. A: I’m sorry I can’t make it.
B: That’s OK. We’ll do it some other time.
|
· Bermain peran secara berpasangan.
· Melakukan tourist hunting dan merekam percakapannya* (terutama untuk daerah yang merupakan tujuan wisata).
|
· Menggunakan tindak tutur berkenalan.
· Melakukan percakapan interpersonal.
· Menggunakan tindak tutur tawaran/undangan/ajakan.
· Menggunakan tindak tutur menyetujui ajakan/tawaran/ undangan dalam percakapan.
· Menggunakan tindak tutur berjanji.
· Menggunakan tindak tutur menerima janji.
· Menggunakan tindak tutur membatalkan janji.
|
Unjuk kerja
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Mendengarkan
1. Memahami makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
1.2. Merespon makna yang terdapat dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi yang menggunakan ragam bahasa lisan sederhana secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi.
|
o mengungkapkan perasaan bahagia
mis. A: I’m so happy to get a scholarship.
B: I’m happy for you.
o menunjukkan perhatian
mis. A: You look fantastic.
B: Thank you.
o menunjukkan simpati
mis. A: Please accept my condolences.
B: Thank you so much.
o memberi instruksi
mis. A: Open the window!
B: OK.
|
· Mendengarkan percakapan interpersonal/ transaksional melalui tape secara individu.
· Mendiskusikan tindak tutur yang digunakan dalam percakapan yang didengar secara berpasangan.
· Mendiskusikan respon yang diberikan terhadap tindak tutur yang didengar.
|
· Mengidentifikasi makna tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia.
· Merespon tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia.
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan simpati.
· Merespon tindak tutur menunjukkan simpati.
· Mengidentifikasi makna tindak tutur menunjukkan perhatian.
· Merespon tindak tutur menunjukkan perhatian.
· Mengidentifikasi makna tindak tutur instruksi.
· Merespon tindak tutur instruksi .
|
Kuis
Tugas
Ulangan tertulis
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Berbicara
3. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional dan interpersonal dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
3.2. Mengungkapkan makna dalam percakapan transaksional (to get things done) dan interpersonal (bersosialisasi) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa lisan sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari dan melibatkan tindak tutur: mengungkapkan perasaan bahagia, menunjukkan perhatian, menunjukkan simpati, dan memberi instruksi.
|
o mengungkapkan perasaan bahagia
mis. A: I’m so happy to get a scholarship.
B: I’m happy for you.
o menunjukkan perhatian
mis. A: You look fantastic.
B: Thank you.
o menunjukkan simpati
mis. A: Please accept my condolences.
B: Thank you so much.
o memberi instruksi
mis. A: Open the window!
B: OK
|
· Secara berpasangan menggunakan tindak tutur dan responnya.
· Bermain peran secara berkelompok.
|
· Menggunakan tindak tutur mengungkapkan perasaan bahagia.
· Menggunakan tindak tutur menunjukkan simpati.
· Menggunakan tindak tutur menunjukkan perhatian.
· Memberi instruksi lisan.
· Melakukan interview.
· Melakukan pertunjukan drama.
|
Tugas
Unjuk kerja
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Mendengarkan
2 Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
2.1. Merespon makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
|
· Pengumuman lisan.
· Kosakata yang terkait dengan pengumuman.
|
· Mengidentifikasi beberapa pengumuman lisan di tempat umum secara berkelompok.
· Mendengarkan pengumuman melalui tape secara klasikal.
· Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok.
|
· Mengidentifikasi topik sebuah pengumuman lisan.
· Mengidentifikasi informasi tertentu dari pengumuman.
· Mengidentifikasi tujuan dari pengumuman yang didengar.
|
Kuis
Tugas
Ulangan tertulis
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Berbicara
4..Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrative, dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
4.1. Mengungkapkan makna secara akurat, lancar dan berterima dalam teks lisan fungsional pendek sederhana (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari.
|
· Pengumuman lisan.
· Kosakata yang terkait dengan pengumuman.
|
Membuat pengumuman lisan secara berpasangan dan menyampaikannya di depan kelas.
|
· Memberi pengumuman lisan.
· Menyampaikan undangan lisan.
· Menggunakan bahasa lisan.
|
Tugas
Unjuk kerja
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Mendengarkan
2. Memahami makna teks fungsional pendek dan teks monolog sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
2.2. Merespon makna dalam teks monolog sederhana yang menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks: recount, narrative, dan procedure.
|
· Teks lisan berbentuk recount.
· Teks lisan berbentuk narrative.
· Teks lisan berbentuk procedure.
|
· Mendengarkan cerita/petunjuk melakukan sesuatu untuk menemukan berbagai informasi secara individu
· Mendiskusikan perbedaan penggunaan bahasa secara lisan dan tertulis secara berkelompok.
· Berdiskusi secara berkelompok untuk membuat sebuah cerita dan bercerita secara sambung menyambung.
|
· Mengidentifikasi main idea dari teks yang didengar.
· Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang didengar.
· Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks.
· Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang didengar.
· Mengidentifikasi bahan yang digunakan dalam teks procedure yang didengar.
· Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks yang didengar.
|
Kuis
Tugas
Ulangan tertulis
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Berbicara
4. Mengungkapkan makna dalam teks fungsional pendek dan monolog berbentuk recount, narrativ,e dan procedure sederhana dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
4.2. Mengungkapkan makna dalam teks monolog sederhana dengan menggunakan ragam bahasa lisan secara akurat, lancar dan berterima dalam berbagai konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
|
· Teks lisan berbentuk recount.
· Teks lisan berbentuk narrative.
· Teks lisan berbentuk procedure.
|
· Menceritakan kembali pengalaman yang telah dialami.
· Menyampaikan cara melakukan atau membuat sesuatu.
· Membuat sebuah cerita secara individu dan menceritakannya kepada teman sekelas.
|
· Menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa.
· Melakukan monolog untuk menceritakan pengalaman.
· Melakukan monolog untuk menyampaikan sebuah procedure.
· Mendongeng.
|
Tugas
Unjuk kerja
|
3 x 45 menit
|
Kaset Look Ahead 1
CD Multi-media
Internet
|
Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
|
5.1 Merespon makna dalam teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
|
Pengumuman, Iklan, Undangan dll.
|
· Mengidentifikasi beberapa pengumuman tertulis di tempat umum secara berkelompok.
· Mendiskusikan isi dan bentuk bahasa yang digunakan secara berkelompok
|
· Membaca nyaring bermakna wacana ragam tulis yang dibahas dengan ucapan dan intonasi yang benar
· Mengidentifikasi topik dari teks yang dibaca
|
Kuis
Tugas
Ulangan tertulis
|
12 x 45 menit
|
Buku Look Ahead 1
Handout
Kamus
|
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
6.1 Mengungkap-kan makna dalam bentuk teks tulis fungsional pendek (misalnya pengumuman, iklan, undangan dll.) resmi dan tak resmi dengan ragam bahasa tulis secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari.
|
Pengumuman, Iklan, Undangan dll.
|
Membuat pengumuman tertulis secara berpasangan dan mempublikasikannya di kelas/sekolah.
|
· Menggunakan tata bahasa, kosa kata, tanda baca, ejaan, dan tata tulis dengan akurat.
· Menulis gagasan utama.
· Mengelaborasi gagasan utama.
· Membuat draft, merevisi, menyunting.
· Menghasilkan teks fungsional pendek.
|
Tugas tertulis
Unjuk kerja
|
6 x 45 menit
|
Buku Look Ahead 1
Handout
Kamus
|
Membaca
5. Memahami makna teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan.
|
5.2. Merespon makna dan langkah retorika teks tulis esei secara akurat, lancar dan berterima dalam konteks kehidupan sehari-hari dan untuk mengakses ilmu pengetahuan dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
|
Teks tulis berbentuk recount
Past Tense
· Jim Carrey had a trip to Bunaken.
· Who went to Bunaken?
· He went to Bunaken yesterday. Yesterday, he went to Bunaken. To Bunaken, he went yesterday.
Teks tulis berbentuk Narrative
Teks tulis berbentuk Procedure
|
· Membaca nyaring bermakna teks narrative secara individu
· Mendiskusikan berbagai aspek dari teks seperti isi dan struktur teks, secara berkelompok.
· Berlatih menggunakan kalimat past tense untuk menyatakan peristiwa dan kalimat imperative untuk menyatakan petunjuk.
|
· Mengidentifikasi main idea dari sebuah paragraph.
· Mengidentifikasi makna kata dalam teks yang dibaca.
· Mengidentifikasi makna kalimat dalam teks yang dibaca.
· Mengidentifikasi variasi susunan kalimat dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure.
· Mengidentifikasi tokoh dari cerita yang dibaca.
· Mengidentifikasi urutan peristiwa dalam teks.
· Mengidentifikasi kejadian dalam teks yang dibaca.
· Mengidentifikasi langkah-langkah retorika dari teks.
· Mengidentifikasi tujuan komunikasi teks dibaca.
· Membaca teks secara nyaring.
|
Kuis
Tugas
Ulangan tertulis
|
12 x 45 menit
|
Buku Look Ahead 1
Kamus
Grammar in Use
|
Menulis
6. Mengungkapkan makna dalam teks tulis fungsional pendek esei sederhana berbentuk recount, narrative, dan procedure dalam konteks kehidupan sehari-hari
|
6.2. Mengungkapkan makna dan langkah-langkah retorika secara akurat, lancar dan berterima dengan menggunakan ragam bahasa tulis dalam konteks kehidupan sehari-hari dalam teks berbentuk: recount, narrative, dan procedure
|
Teks tulis berbentuk recount
Past Tense
· Jim Carrey had a trip to Bunaken.
· Who went to Bunaken?
· He went to Bunaken yesterday. Yesterday, he went to Bunaken. To Bunaken, he went yesterday.
Teks tulis berbentuk Narrative.
Teks tulis berbentuk Procedure.
|
· Membuat draft teks narrative, recount atau procedure dengan melakukan chain writing.
· Melakukan koreksi teman sejawat untuk menyempurnakan draft.
· Menyempurnakan draft berdasarkan koreksi teman.
|
· Menggunakan kalimat past tense dalam menyampaikan sebuah peristiwa.
· Menggunakan kalimat imperative dalam membuat sebuah resep atau petunjuk.
· Menggunakan kalimat langsung dan tak langsung dalam menulis sebuah narasi.
· Menghasilkan teks berbentuk recount
· Menghasilkan teks berbentuk narrativ.e
· Menghasilkan teks berbentuk procedure.
|
Unjuk kerja
|
6 x 45 menit
|
Buku Look Ahead 1
Kamus
Grammar in Use
|
Mengetahui,
Brebes, 16 Juli 2012
Kepala SMA Negeri 1 Brebes Guru Mata Pelajaran Bahasa Inggris
DRS. ROFII, Bc.Hk., M.Pd. LEKSITO RINI, S.Pd.
NIP. 19560810 199010 1 001 NIP. 19790316 200312 2 007
Tidak ada komentar:
Posting Komentar